Pencobaan Itu Tak Melebihi Kekuatanmu

Sebagai orang-oran yang percaya, kita memiliki satu tujuan supaya kehidupan kita sama seperti Allah, yaitu kudus dan tidak membiarkan dosa itu menguasai kita. Karena sesungguhnya yang lama sudah berlalu, maka kita harus benar-benar meninggalkan yang lama. Supaya yang baru yang datang bertumbuh dan berbuah. Tau gak kalo iblis itu setiap hari menggoda kita? Ya, si iblis selalu menggoda kita supaya kita jatuh dalam dosa.

Tapi taukah kita pencobaan itu dari mana asalnya? Menurut isi dari firman Tuhan pencobaan itu datang dari si iblis dan dari diri kita juga. Misalnya keinginan daging kita, keinginan mata dan kengkuhan hidup. Hal itu bisa membuat kita jatuh dalam dosa, dan iblis akan senang kita jatuh dalam dosa. Tapi perlu kita ketahui bahwa pencobaan-pencobaan itu tidak melebihi kekuatan kita. Tuhan tidak akan membiarkan kita jatuh ke dalam pencobaan itu. Dengan Allah di pihak kita, kita dapat mengalahkan semua itu. Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia : IMAN KITA (1 Yohanes 5:4).
Saat kita dicobai, Allah mengijinkan kita dicobai supaya kita menjadi tahan uji dan terus mengandalkan Dia sebagai Juruselamat kita. Di setiap pencobaan itu, Tuhan memberikan kemenangan kepada kita dan memberikan jalan keluar bagi kita untuk mengatasi segalanya.
Namun jika kita tidak mengandalkan Tuhan, kita bisa jatuh dalam pencobaan itu. Dan apabila kita jatuh, pencobaan itu akan dibuahi dan akan melahirkan dosa. Dan dosa itu melahirkan maut. Karena ada tertulis bahwa upah dosa adalah maut. Jadi yang terutama dan memang yang terpenting adalah kita harus memiliki Dia dulu. Menjadikan Dia sebagai juruselamat kita. Maka pada saat kita di cobai maka Allah akan menguatkan hati kita dan memelihara kita. Dan kalau kita ada di dalam dia, tidak ada satu pun yang dapat mengambil kita daripada-Nya.

Cara yang kita ambil sebagai kunci utama untuk mengatasi pencobaan yang tidak melebihi kekuatan kita itu ialah:
1. Berjaga-jaga dan berdoa mohon perlindungan Tuhan
2. Membaca firman Tuhan dan melakukannya
3. Tunduk dan taat selalu kepada Allah
4. Iman kita yang kuat artinya kita lebih tahan banting akan pencobaan

God Bless Us

0 comments: (+add yours?)

Post a Comment