Cobaan dan Ujian

Bisakah kita membedakan apa itu cobaan dan apa itu ujian? pasti masing masing kita mengerti dari kata-kata di atas. Nah, kali ini saya ingin membagi apa yang saya dengar dan dapatkan di gereja hari ini. Dimulai dengan alunan musik dari pemain piano dan vokal dari paduan suara yang menyanyikan lagu yang menyentuh sekalian "Nendang",

Ask the Savior to help you,
Comfort, strengthen, and keep you;
He is willing to aid you,
He will carry you through.

,ibadah hari itu dimulai dengan bahan bacaan dari Yakobus 1 : 12-18. Apakah perbedaan dari cobaan dan ujian?

Mulai dijelaskan dan aku mencoba menangkap kata-kata yang diucapkan.
Dikatakan bahwa cobaan itu merupakan dari iblis, sesuatu hal yang benar benar ada dan terus menerus mencobai kita, sedangkan ujian itu berasal dari Tuhan. Itu perbedaan akan darimana asal kedua hal tersebut.
Disisi lain, cobaan itu adalah hal yang memberikan kita kesenangan dan kebahagian pada awalnya dan akhirnya kan menjatuhkan kita dan menjerumuskan kita ke dalam dosa sehingga kita menjadi tersiksa. Sedangkan ujian, kita akan menghadapi kepedihan, kesakitan dan hal-hal lain, tapi tujuannya adalah membawa kita kepada kebahagiaan dengan cara itu kita dibentuk menjadi lebih sempurna dan menjadi manusia ciptaan yang sesuai dengan keinginan pencipta kita. Melalu ujian ini kita dibentuk menjadi seorang yang benar-benar dewasa imannya dan dari sini kita akan diajari untuk terbiasa dan mampu menghadapi segala masalah yang akan datang. Tapi kalau cobaan, adalah hal yang akan menjerumuskan kita ke dalam dosa. Hal ini patut kita hindari dan kita ketahui ciri-cirinya. Namun adakalanya, menurut pak pendeta, Tuhan memakai cobaan itu sebagai ujian bagi kita agar kita bisa berubah dan bertumbuh, begitu juga si iblis kadang menggunakan ujian itu untuk menjerumuskan kita. Disini kita diminta untuk selalu siap sedia dan peka apakah yang kita hadapi cobaan atau ujian. Tapi satu hal yang perlu kita ingat, seperti yang tertulis di 1 Korintus 10 : 13, bahwa pencobaan-pencobaan itu adalah pencobaan biasa yang tidak melebihi kekuatan kita. Dan ingat juga ada Tuhan Allah kita yang akan menolong kita.
Dan seperti sepotong lirik lagu diatas, ask Him to help you
, minta kepadaNya untuk menolong kita, berharap terus pada Tuhan, maka Dia akan memberikan rasa nyaman, memberikan kekuatan dan menjaga kita.


-God Bless Us-

3 comments: (+add yours?)

aan cerdass said...

sepotong...??....
sebaris itu bang... pikir roti kah...hahha

ujian itu naik kelas, cobaan itu jalan di tempat...

Bigyst said...

hahaha, makan aja pikiranmu, yup benar kalo ujian naik kelas, kalau lulus..^^

Anonymous said...

cobaan dan ujian, klo kita lulus, kita akan bertumbuh menjadi lebih baik

Post a Comment